Kamis, 18 Oktober 2012

Rahasia Burung

Belajar dari burung
Al quran merupakan kitab suci yang di dalamnya terdapat banyak kisah dan pelajaran yang sangat berharga. Kisah atau kejadian itu merupakan salah satu uslub( cara ) dalam mendidik umat manusia.
Di antara pelajaran yang bisa diambil dari al quran yaitu berhubungan dengan burung. Allah SWT  beberapa kali menyebuutkan hewan ini dan menceritakan dalam beberapa peristiwa. Dan dari peristiwa itu yang dilakukan oleh hewan ini telah menginspirasi manusia untuk melakukan sesuatu yan lebih baik. Ada beberapa kisah atau pelah=jaran dari burung;
1.    Berkaitan dengan seekor burung gagak yang menggali tanah untuk memperlihatkan kepada Qabil bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Setelah membunuh saudaranya , Qabil membawa mayatnya kemana-mana kerena tidak tahu apa yang harus ia lakukan. Sampai Allah SWT mengirim dua ekor burung yang sedang berkelahi lalu kemudian satu mati. Dan yang  hidup lalu mengali tanah dengan cakarnya untuk menguburkan bangkai burung yang dibunuhnya. Hal ini di jelaskan dalam al quran  surah Al-Maidah: 31. Setelah itu Qabil melihat burung gagak kawannya lalu kemudian Qabil juga menggali tanah untuk mengubur saudaranya dan ditutupi dengan tanah.
2.    Berkaitan dengan penemuan pesawat terbang yang terinspirasi dari burung sebagaimana firman Allah dalam surah An-Nahl: 79. Penelitian terhadap burung mengungkapkan bahwa ia dirancang khusus untuk terbang. Tubuhnya diciptakan dengan kantung udara dan tulang berongga untuk mengurangi massa tubuh dan berat keseluruhan tubuh. Sifat cairan memastikan agar kelebihan air dalam tubuhnya dibuang. Bulu-bulunya berbobot sangat ringan bila dibandingkan dengan volumenya. Bulu-bulu dengan atributnya menahan mereka di udara. Sedang sayap aerodinamis dan metabolisme merespon kebutuhan  energinya. Sifat-sifat ini adalah beberapa bukti bahwa burung adalah desain produk yang bisa dicontoh. Kemudian instrumen tersebut dipakai para ilmuwan untuk membuat pesawat. Mereka meniru keseimbangan bobot dan tenaga pendorong yang digunakan burung dan mempelihatkan sistem aerodinamisnya. Sehingga dengan percobaan bertahun-tahun, akhirnya ditemukan kendaraan mirip burung.
3.    Diantara kisah dan kejadian unik tentang burung yang ditayangkan Al quran adalah kisah burung hud-hud dengan nabi Sulaiman AS. Burung ini telah bekerja mengintai terhadap aktivitas suatu kaum yang kemudian ditiru dalam aktivitas spionase dewasa ini. Kerja burung ini dijelaskan dalam surah An-Naml: 22-23.
Deretan ayat di atas menjelaskan kekuasaan Allah SWT melalui burung. Peristiwa tersebut memberikan manusia untuk mendapatkan pelajaran yang berharga. Terbukti rahasia keajaiban burung itu kemudian dikuak oleh beberapa penelitian modern dengan akurasi yang benar. Lalu hasil penelitian itu disebut ilmu pengetahuan. Ini membuktikan bahwa apa yang di ungkap oleh al quran dipastikan ada rahasia dibalik pengungkapan itu.
Baca selengkapnya »

2 komentar:

Unknown mengatakan... 18 Oktober 2012 pukul 19.22

jhgfcjyo

Unknown mengatakan... 18 Oktober 2012 pukul 19.28

fhghstr

Posting Komentar

berikanlah komentar yang baik dan berbahasa yang sopan

Copyright © Teja Note's 2010

Replaced Teja Genio